Sabtu, September 19, 2009

Jelang 1 Syawwal 1430 H

pohn mahoni berebuah pisang
kalau ada kesaalhan mohon dimaafkan

hwaaaa, ga kerasa kita udah sampe di penghujung bulan Ramadhan. Dan tarawih terakhir pun sudah terlewatkan, kini kita menjelang bulan Syawwal.

dan tradisi silaturahim ke keluarga di pelosok pun kembali bergulir, minggu terakhir Ramadhan dihiasi dengan konsentrasi yang tersedot ke persiapan mudik a.k.a pulang kampung, masak hidangan lebaran yang beraroma kolesterol gratis, bikin aneka ragam kue, belanja pakaian, dan lain sebagainya.

dan konsentrasi gw pun juga tersedot

eh enggak ding, gw pulang ke Bandung, gak terlalu jauh, jadi yaa, persiapan seperti tahun-tahun sebelumnya, simple. yah bedanya lebaran kali ini tidak ditemani oleh Bapu (kakek) yang Alhamdulillah sudah wafat dengan tenang. Baju? bongkar aja lemari, ada satu baju koko dan sarung baru yang dari jaman kompeni belom dipake. Masak? nyokap masak sambel ati, opor, rendang, sebagian di bawa ke Bandung untuk dikonsumsi. kue? *ngelirik toples2 yang entah dari mana datangnya* done :) OH IYA juga bayar zakat fitrah.

yap, begitulah

monoton ya? ihihihi, entahlah, di rumah segalanya biasa aja, paling heboh itu detik2 sebelom berangkat sholat 'ied, grubuk2 mandi n lain sebagainya, setelah itu? keliling ke keluarga, pembagian "salam tempel" yang INSYA ALLAH gw hindarin tahun ini *ciciing*. yatapikalodipaksayaterpaksadehgapapadehyayaya *ditimpuk rendang*

selanjutnya icip2 hidangan lebaran yang rada seragam kecuali asinan di rumahnya om di pinggiran kota Bandung, hahaha *nyiapin space di perut* biasanya kita langsung cabut dari Bandung begitu acara selesai.

owkey, lupakan semua ritual di atas

terlepas dari ritual budaya yang berbaur dengan syari'ah (yang sudah jamak sekali di Indonesia ini), gw suka dengan point silaturahim dan saling bermaafan pada momen Idul Fitri ini, yang seakan memaksa gw dengan lembut untuk "berinteraksi" (okeh ini lebay). Yap pada akhirnya keshalehan sosial sudah dapat dipastikan mengambil peranan penting bagi kelangsungan hidup nantinya. Dan menjadi pesan terselubung untuk orang-orang yang bergenre ansos (anti sosial, jangan bilang autis ah) bahwa tiadanya interaksi itu bukan sesuatu yang baik bagi kelangsungan hidup kalian, kalian tidak dikenal, bahkan bisa jadi sumber fitnah (dituduh teroris ato bencong taman lawang misalnya).

ini mulai ngelantur, ahaha

yep, silaturahim, bagi gw, selalu menjadi petualangan yang unik. Senang bisa mengenal karakter, berusaha empati, menjalin komunikasi yang hangat, yaa dijalani saja ya, biar gak ribet-ribet amat, hihihi.

dan saling memaafkan, well, gw pribadi orang yang "rada sulit" memaafkan kalo ada yang udah keterlaluan, itu kekurangan gw, is not easy lah. Ya tapi ada usaha lah, dan sepertinya perkembangan "memaafkan" itu agak signifikan.

oh iya, sekalian aja gw minta maaf, sama teman-teman semua karena gw pasti punya kesalahan sama kalian. ya ngata-ngatain lah, ngutang lah, ngengangguin sampe bete lah, dan kesalahan-kesalahan yang lain. MOHON MAAF YAA~

dan mudah-mudahan kalian bisa memaafkan kesalahan gw di awal tulisan ini. perhatikan pantun yang aneh itu, sengaja gw tulis salah gitu (ngaco, gak logis, dll), karena intinya memang dua kata terakhir saja, MOHON DIMAAFKAN untuk kesalahan tulis di kata-kata sebelumnya :)

selamat hari raya Idul Fitri 1430 H, semoga kita bisa bertemu lagi di Ramadhan selanjutnya, amiin

4 komentar:

luvie mengatakan...

lukmaaaaaaaaaan.. maafkan saya yaah.. suka menganiaya dirimu.. T_T

feeling guilty.. hiks..

semoga kita bisa menjadi orang2 yang meraih kemangan ramadhan dan semoga tahun depan kita bisa berjumpa lagi dengan ramdhan..amiiin...

minal aidin walfaidzin.. mohon maaf lahir dan bathin..

e-no: si nagacentil mengatakan...

spertinya gw yang musti minta maap ama lukman secara gw adalah oknum yang paling senang menganiaya dirinya (T_T)

taqabalallaahu minna wa minkum
shiyamanaa wa siyamakum

Iman mengatakan...

Lukman, walau ente mahluk yang paling sulit dihubungi tapi ane dah maabh in ente hehehe

Taqabalallah minna wa minkum. Kullu amin wa antum bi khair. Selamat hari raya idul fitri 1430 H. Mohon dibukakan maaf lahir dan batin (worship)

Es Dawet mengatakan...

Pohon Mahoni berbuah pisang...hmmm kok bisa ya?? Miss Mahoni Selingkuh sama Mr. Pisang???