Sabtu, Desember 25, 2010

ini fiksi (1)

ce: "jadi, mau minum apa?"
co: "apa aja, asal itu yang kamu suka"
ce: *blush*
co: *jrit salah ngomong* *nambah sambel*

ini fiksi

Minggu, September 26, 2010

Tangis

Apa kau pernah mengalaminya? Tenggorokan terasa sempit seakan dihimpit gemuruh di dada. Suara tercekat, tertahan sesuatu, terbata-bata, terlontar dalam serpihan lirih. Tiba-tiba rongga mata menghangat, tergenang. Mungkin kau menahan nafas berharap air mata tak tumpah, tapi itu tak lama.

Seketika kau hela, sekejap saja bercucuran.

Sedihkah kau sehingga ia harus mengelus lembut pipimu? Terbakar amarah-kah kau sehingga ia harus mendinginkanmu? terbahagiakankah kau sehingga ia turun serta menyambut? Atau kau hanya ingin ia hadir begitu saja, tanpa alasan?

Apa kau menyambutnya dengan raungan di terang benderang? Atau menyimpannya dalam lirih bisu di kelam malam? Atau menyelipkannya dalam simpuh sujud penuh harap?

Seperti hujan bersambut pelangi, kuharapkan untukmu jernih setelahnya, di mata dan di hati.

Selasa, September 21, 2010

sore

Riuh rendah dan bising kota tak mampu menahanku untuk tetap menatap anggunnya awan yang berarak pelan, menghirup sendu temaram senja sudah bersemayam dalam alur nafas, sejak lama. Terkadang secangkir coklat hangat menemani di sudut meja, mengepulkan uap yang membentuk senyum imajiner, di lamunku.

Aku tak bisa membencimu.

Kuputuskan itu sejak lama. Segala ketidaksepahaman yang mengganjal, segala kata-kata berbalut belati yang menghujam, segala hal-hal remeh yang berubah wujud menjadi dinding-dinding raksasa penuh duri yang menghadang, memang menyakitkan. Kau dan aku. Kita.

Ketika yang terlihat hanyalah kesalahan dan kesalahan, lantas mengingatkan dengan cara yang salah, terciptalah benturan itu. Menyakitkan.

Tetap saja aku masih kesulitan untuk menghindari segala yang menyakitkan ini, sesulit aku membencimu. Aku tak tahu apa ada benci di hatimu. Dan aku tak akan mengakui kesulitanku membencimu.

Langit senja masih saja di situ, coklatku telah kehilangan uap senyumnya. Entah kenapa aku berharap yang sebaliknya.

Sabtu, September 11, 2010

Sepenuh Hati

Berlalunya Ramadhan bersambut kemeriahan Idul Fitri. Gejolak suka cita yang didendangkan sepanjang perjalanan, dahaga hati para perantau yang menemukan kedamaian dalam senyum kerabat di kampung halaman, munajat rindu untuk pertemuan dengan bulan penuh berkah sebelas purnama ke depan, saling mengucap selamat atas datangnya Syawwal, semua membaur menjadi satu semangat. Semangat Idul Fitri.

Jangan lupakan limpah ruah makanan yang membangkitkan hawa nafsu yang terkekang selama satu bulan sebelumnya, sungguh cobaan yang nikmat :p.

Di sisi lain gempita Syawwal ini masih ada juga sebagian orang yang berkeluh kesah. Tentang uang saku lebaran yang semakin menurun, pagi Syawwal yang terlalu cerah padahal mereka masih ingin berkemul, gangguan di jaringan komunikasi akibat lalu lintas data yang (mungkin) terlalu gemuk, lalu lintas yang padat merambat, sebutkan saja contoh keluhan lainnya. Biasanya keluhan itu kreatif kok, social media siap menampung segala keluhan (dan bahkan kadang makian) anda. Ahaha.

Selalu ada yang sepenuh hati, di balik senyum sederhana, di balik lembut sapaan hangat, di balik lirih permintaan maaf, di balik ulur tangan untuk membantu sesama, bahkan di balik keluh kesah tak tentu arah dan makian berdarah-darah. Mudah-mudahan kita senantiasa terjebak dalam kebaikan, sepenuh hati.

*sungkem*


Rabu, September 08, 2010

lebih gelap?

Ini membingungkan. Kadang saya terbentur dengan tingkah saya sendiri. Sejenak kemudian mempertanyakannya berlarut-larut, tenggelam dalam lamun. Mencari alasan apa yang sebenarnya mendasari hal yang saya lakukan. Melempar pandang jauh ke langit, berharap hujan jawaban memuaskan dahaga batin. ah.

Kehilangan sesuatu. Ya, saya kehilangan. Kehilangan rasa suka pada beberapa hal yang tadinya sangat saya suka. Hilang begitu saja. Seperti tidak pernah suka sebelumnya. Seperti tidak pernah mampir di hati barang sekejap.

Hilang begitu saja...

Jika dua paragraf di atas ternyata merupakan bagian dari `Darker than black`-nya Tensai Okamura, mungkin seharusnya saya sudah punya kekuatan super tertentu, ahaha.

huff.

Senin, Agustus 30, 2010

[30] congratulation!

akhirnya tantangan ini berakhir! tapi sumpah yang beginian ini seru, khu khu khu. MOAAR MOOOAAR! *dikeplak*

Minggu, Agustus 29, 2010

[29] a place i want to go

Sabtu, Agustus 28, 2010

[28] anything you'd like

Tarawih malam ke 15, di sebuah masjid. Si gadis kecil berkerudung ini berlari riang menembus shaf demi shaf hanya untuk nemplok di bahu ayahnya. Sesaat kemudian ia berlari ke shaf wanita di belakang, tampaknya kembali ke ibunya. Tak lama kemudian dia kembali berlari dan melompat ke bahu ayahnya. Adegan ini berulang selama khatib memberikan kultum sebelum tarawih. Jadi teringat kisah Siti Hajar yang berlari dari suatu titik ke titik lainnya hanya untuk mencari mata air untuk si kecil Ismail *iya ceritanya ini gak mirip tapi saya teringat saja ke situ*.

Ah saya suka momen ini. Menggemaskan.

Jumat, Agustus 27, 2010

[27] someone you love

Kamis, Agustus 26, 2010

[26] something you dont like

Rabu, Agustus 25, 2010

[25] scenery

Selasa, Agustus 24, 2010

[24] couple

Senin, Agustus 23, 2010

[23] something you need

Minggu, Agustus 22, 2010

[22] something you miss

Sabtu, Agustus 21, 2010

[21] something you want

Jumat, Agustus 20, 2010

[20] orange

kalau mengingat secara sekilas benda berwana oranye entah kenapa langsung teringat kepalanya sakuragi, dan taiga *nyahahaha*. Iya saya tahu gambarnya gak mirip sama sekali ya tapi mari kita dengarkan ending toradora yang judulnya orange ini *disapu*




Kamis, Agustus 19, 2010

[19] new

nampaknya saya butuh spidol baru =="

Rabu, Agustus 18, 2010

[18] apa aja deh

berhubung tema yang saya inginkan kali ini adalah bebas maka.... *kalap upload* *halah*

Ini gambar yang dibuat sebagai pengganti gambar chibi yang saya otret *halah* sewaktu ada event jejepangan di little tokyo Blok-M. Kepada saudara Deky, silahkan dikasih tau istrinya, gambarnya nangkring di sini *sms* :D
Yang ini gambar saudara sepupu saya yang udah kayak bapak-bapak padahal baru kelas 3 SMA *ditabok*, di gambar di saat silaturahim keluarga sebelum Ramadhan. Lupa di-upload, jadinya saya taruh saja di sini.
NAH! ini gambar mbak Tikapinkhana yang sedang dirusuhi berbagai hal, digambar dengan spidol yang ujungnya semakin semerawut ahahaha.

Selasa, Agustus 17, 2010

[17] fav. plant

err, maksudnya, tanaman yang sering sekali saya gambar, dari jaman baru kenal pensil, sampai sekarang :D. Ini tanaman apa ya, btw? *hayaah*

Senin, Agustus 16, 2010

[16] inspiration

skylover~ ahahaha~ ahahaha~ *guling-guling*

Minggu, Agustus 15, 2010

[15] Family Picture

(ninja)

Sabtu, Agustus 14, 2010

[14] fairytale

Jumat, Agustus 13, 2010

[13] comic

Kamis, Agustus 12, 2010

[12] accomplishment (?) =))

Rabu, Agustus 11, 2010

[11] turning point

Selasa, Agustus 10, 2010

[10] fav. candy

Senin, Agustus 09, 2010

[9] fav. tv show

sebenarnya mau ngegambar om Andy F Noya, tapi... ah sudahlah *nyungsep*

Minggu, Agustus 08, 2010

[8] Doratingkir

=)) =)) =)) *ngakak sendiri*

Sabtu, Agustus 07, 2010

[7] fav. movie

Jumat, Agustus 06, 2010

[6] fav. book

salah satunya :D

Kamis, Agustus 05, 2010

[5] best friend

err, namanya Haris, teman masa kecil (berasa anime banget). Mahluk ini adalah senior dan teman gelundungan di turunan sewaktu saya baru bisa naik sepeda. Sekarang sudah kehilangan kontak, semenjak tsunami di ujung barat Indonesia. Waktu itu ybs bekerja di salah satu bank di Serambi Mekah sana. :)

Rabu, Agustus 04, 2010

[4] fav. place

Selasa, Agustus 03, 2010

[3] food food food *droll*

Senin, Agustus 02, 2010

[2] my mreow mreow

Minggu, Agustus 01, 2010

[1] myself

Selasa, Juli 27, 2010

Kau Bertanya Tentang Apa

Yang kau lupakan? mungkin rangkaian mimpi yang membuaimu terlalu dalam, abai untuk mengamit lengan-lengannya dan mengajaknya ke dunia nyata. Dan kau mendapati dirimu terjaga dalam reruntuhan kenyataan. begitu?

 

Atau kau memang tidak ingat apapun dari awal dan hanya membual tentang lupa yang menderamu?

Apapun itu, kau terlihat tersiksa sekali, mengerang dalam diam lantas merintih lirih memecahkan kebisuan malam. 

Aku tak mengerti dirimu, tak pantas mengerti, tak ingin mengerti. 

 

Kau dan kesendirianmu yang terlihat begitu berharga bagimu dari seluruh hidup. Oh apa kau hidup? Apa ini pertanyaan yang perlu kau dengar dariku? Apa kau pernah benar-benar mendengarku? Apa kau peduli dengan hidupmu?

Minggu, Juli 18, 2010

Menggunakan Layanan Intensedebate untuk Form Komentar Blogspot

Jujur, saya kurang yakin dengan kebenaran susunan bahasa pada judul postingan ini :p. Tapi menulisnya dilanjut saja dulu, mudah-mudahan ada yang singgah dan memberikan sugesti untuk judul yang lebih baik dan benar :).

intensedebate

entah kenapa saya capture :p

 

Apa itu intensedebate? adalah layanan adu bacot online dari yang saya pahami, intensedebate adalah salah satu layanan sistem komentar untuk postingan di blog atau website (ada juga temannya, disqus). Lebih lanjutnya silahkan kunjungi FAQ yang ada di TKP. Saya sendiri kebetulan mengenal layanan ini setelah secara sengaja singgah ke blognya kang abid

 

Bagi yang blognya menggunakan layanan wordpress mungkin sudah cukup nyaman dengan sistem yang ada. Akan tetapi para pengguna blogspot seperti saya ini kadang agak tidak nyaman dengan sistem komentar yang disediakan. Dan demi kenyamanan itulah saya mencoba menggunakan layanan yang satu ini.

 

Singkat kata, saya melakukan sign up, setelah itu masuk ke dalam dashboard saya dan tercengang, maklum anak baru. Klik tab extras dan pilih widget. masukkan alamat blog anda (untuk kasus saya, saya masukkan alamat blogspot). nanti akan ada petunjuk untuk langkah-langkah instalasi widget intensedebate selanjutnya di sana *lagi males ngejelasin* *ditimpuk*. Yang jelas di awal instalasi ada dua pilihan, ingin dijadikan sebagai widget di blogspot atau menyatu dengan template. yang pertama instalasinya lebih mudah dari pada yang kedua. Akan tetapi saya pilih yang kedua karena loading (yang konon kabarnya) lebih cepat. 

 

Bagaimana dengan nasib komentar-komentar sebelumnya? nah di sana juga diberi pilihan apakah (1) akan menggunakan widget ini untuk seluruh postingan (dari awal) sehingga komentar yang masuk melalui form komentar standar blogspot akan tersembunyi, atau (2) hanya pada postingan terbaru setelah widget ini diaktifkan. saya memilih yang kedua, jadi menurut keterangan yang ada, seharusnya postingan ini adalah yang pertama kali merasakan layanan intensedebate, mari kita lihat *halah*. 

 

Jika anda punya lebih dari satu blog/website silahkan menggunakan layanan serupa pada blog anda yang lainnya dengan menambahkannya di akun intensedebate anda. klik tab sites dan masukkan alamat blog anda di sana. Ikuti langkah-langkahnya ya :).  

 

Oh iya, untuk pertanyaan seputar apa saja kelebihan intensedebate, apa benefitnya dari sisi pengunjung, apa saja fitur yang disediakan, siapa pemenang piala dunia 2014 menurut paul, silahkan kunjungi halaman FAQ di TKP. 

 

Sekian, mudah-mudahan postingan ini bermanfaat. 

ditulis ditemani alunan "better way"-nya Spencer Day

 

Rabu, Juli 14, 2010

Update Blog dari Chrome dengan ScribeFire

EHM! Mumpung lagi dihampiri rasa ingin meng-update blog, sekalian saja saya berbagi cara saya update blog :D. 

 

Berhubung saya pecandu pengguna yang lumayan setia terhadap browser Google Chrome maka saya mencoba memanfaatkan ekstensi-ekstensi yang disediakan untuk bersanding dengan browser yang satu ini. 

 

Adalah ScribeFire yang menjadi pilihan saya sebagai ekstensi untuk mengupdate blog. Layanan ini sebenarnya sudah ada sebagai add-ons pada Mozilla. Untuk memperbanyak isi postingan berikut saya jelaskan secara singkat cara instalasi dan kostumasi ScribeFire agar layak posting.

 

Pertama dan paling utama, kunjungi laman ekstensi-nya google chrome di sini atau langsung saja menuju ke TKP tempat di mana ScribeFire bersemayam. Silahkan baca-baca dulu di laman tersebut, perihal ScribeFire, siapa tahu saja anda menemukan ketidakcocokan yang mencolok. Baca juga testimoni dari para penggunanya, biasanya keluhan dan komplain bisa menjadi informasi berharga. Setelah yakin hendak meng-install ScribeFire, cari tombol bertuliskan "INSTALL" kemudian gerakkan krusor mouse anda ke arah tombol tersebut, tekan perlahan jangan terlalu kasar *ditimpuk keyboard*. Setelah pengunduhan selesai maka akan muncul gambar berikut: 

 

 

Setelah instalasi selesai, maka akan muncul icon seperti gambar di bawah ini di deretan ekstensi anda, klik untuk memakai ScribeFire :D

 

 

ScribeFire yang baru terinstall membutuhkan akses ke blog anda, cek laman ScribeFire untuk layanan blog apa saja yang didukung oleh ekstensi ini. Untuk contoh yang saya berikan di sini adalah blog saya sendiri :D. Setelah meng-klik icon ScribeFire anda akan `diantar` ke halaman ScribeFire yang belum terjamah (halah). Masukkan alamat blog anda kemudian tekan next untuk diproses,

 

 

Jika ScribeFire mendukung layanan blog anda maka akan muncul form seperti di bawah ini, isikan user dan password untuk mengakses blog anda. 

 

 

Klik Finish. Jika usaha anda sukses maka akan tampil tulisan seperti di bawah ini.

 

 

Jika ingin menambah blog anda yang lain ulangi lagi langkah di atas (dari add new blog). Untuk Postingan silahkan menuliskan saja di tempat penulisan :D 

 

 

Oh iya, untuk memasukkan gambar ke dalam postingan dari ekstensi ini nampaknya harus menggunakan `campur tangan` situs upload gambar secara terpisah karena fasilitasnya hanya menyediakan insert image url. Kebetulan saya menggunakan imgur.com untuk keperluan tersebut. Tinggal sertakan direct link-nya saja di tempat yang telah ditentukan. 

 

Semoga postingan ini bermanfaat. 

Senin, Juli 12, 2010

But I Never Will

SPENCER DAY - I GOT A MIND TO TELL YOU


I got a mind to tell you
What I’ve been tryin’ to tell you for so long
Don’t want to get it wrong

But I got a heart that’s soft and
Too open all too often
That’s a dangerous little combination

And I’m afraid a little brush aside
Could irreparably impair my pride
I got a mind to tell you, but I never will

Don’t want to take it easy
Don’t wanna play the game of be a friend
I came with false pretenses

And playing hard to get is getting me nowhere fast
Should I confess or lower my defenses?

Do I say the words I want to say
And risk the chance that you will run away?
I got a mind to tell you, but I never will

I got a mind to let you know
Cause I can’t hold it inside


Do I say the words I want to say
And risk the chance that you will run away?
I got a mind to tell you, but I never will

(sumber lirik)

Mendengarkan lagu ini membawa saya melamun sesaat, dibumbui segaris senyum. Tidak menyangka pernah tiba di titik itu, titik di mana lagu ini mendarat. Spencer Day benar-benar apik menuangkan lantunannya di antara denting piano. And yes, i never will :) for reasons.  

reaksi

Waktu itu ada acara silaturahim ke rumah saudara di daerah Tangerang. Masih dalam suasana lebaran. Saya seperti biasa, mojok diem menjauh dari percakapan, terbar cengar-cengir dan jawaban singkat jika ditanya sesuatu. Selebihnya menikmati dunia sendiri di handphone. Tidak terusik sampai mendengar satu komentar ceplosan ala keluarga *sigh* 

"eh, mas yang itu kok mirip artis siapa ya, rambutnya begitu" tunjuk seorang sepupu yang memang sudah lama tidak bertemu. waktu itu rambut saya agak menjuntai ke bawah menutupi mata. Tidak ada komentar dari saya cuman cengengesan. Tapi keingetan. Bukan salting atau apa. Ngerasa aneh aja. 

Esok harinya, potong rambut. 

Jumat, Juli 09, 2010

baka

Sejak kapan gemuruh ini terasa begitu menyiksa? Dan langkah yang semakin cepat, setengah berlari, tak menjauhkanku dari gemuruh itu. Oh mungkin itu suara derap langkahku sendiri. Aku tak peduli. Oh bahkan apakah rasa peduli itu pernah ada?

Semua terlihat seperti musuh, menatap dengan mata merah menyala, liur yang menetes dari ujung taring-taring lapar mereka. Dan aku mulai berlari. Dan aku benar-benar berlari. Aku dalam pelarian.

Lari itu terasa, terdengar, dan terlihat sangat bodoh
Oh ya, bodoh
Sangat bodoh

Oh, paling tidak masih ada kebodohan untuk dimiliki. Dan kelelahan. 


Sabtu, Juni 12, 2010

Minggu, Februari 14, 2010

VRANKLENSTEIN

Huh? Vranklenstein? u mean Valentine or Frankenstein?
err, let we say, BOTH :3 *burned*

yaaa begitulah~
OMG, INI POSTING PERTAMA TAHUN INI, YAY!!!!! *ditimpuk angpaw sekarung*