Minggu, Mei 05, 2013

Membuat .GIF dengan GIMP (dkk.)

#okaasan #senseii~ #yuyushiki #random #abis #banjir #hashtag #biar #gaul

Sebenarnya hal ini sudah pernah saya posting di limited circle-nya google+. Di-repost ke sini dengan sedikit penyesuaian bahasa dengan harapan mudah dipahami oleh manusia. Maklum saja, circle yang itu para penghuninya agak meragukan, manusia apa bukan /ditimpukbusway.

AHEM. 

Suatu hari, ketika angin berhembus sepoi-sepoi dan jingga begitu jumawa menghiasi cakrawala, terbesitlah sebuah keinginan untuk membuat .gif dari anime unyu bin lucu yang sedang saya tonton. Berbekal bahan bacaan yang kebetulan lewat di stream google+ dan sedikit berkelana dari halaman manual ke wiki-wiki yang bertebaran (halahpret gugling) akhirnya saya putuskan untuk membuat .gif cara alami dan organik (baca: ribet), karena cara instant pake tools yang lengkap dari satu software itu terlalu mainstream. Well...pada dasarnya saya ga bisa juga sih :9. 

Oh iya, OS yang saya gunakan Linux (Mint 14), tapi software yang saya gunakan ada versi Windowsnya juga jadi tidak terlalu sulit didapat seandainya anda ingin mencoba dengan menggunakan windows. Abaikan istilah non-teknis yang dipakai, karena pokoknya gitu™. Langsung saja~ 

Alat-alat:
- Avidemux (2.5.4)
- ffmpeg (0.8.6-6:0.8.6-0ubuntu0.12.10.1) (oke ini jadul)
- GIMP (2.8)
- imageMagick (optional, toh ga saya pake juga karena males, te-he)

Bahan:
- anime henneko episode 1 (WAJIB) /plak

Langkah Pembuatan :
===============
1. Potong video
Dengan kekuatan avidemux kita potong scene yang kita perlukan dari video, kemudian save sebagai henneko.mp4. kenapa mp4? pengen aja™.

suarez chaan /bukan

2. Ekstrak frame(s) dari video
Karena video adalah kumpulan frame-frame, maka kita pecah mereka dengan menggunakan ffmpeg, yeeey~. ketikkan baris sakti berikut ini pada terminal (console, command prompt, opoae) anda:

ffmpeg -i henneko.mp4 -r 24 -f image2 image-%2d.png     
24 itu pembulatan jumlah frame perdetiknya, kebetulan framerate videonya 23,976, bisa dicek di properties video untuk mengetahui informasinya. 
%2d itu urutan dalam penamaan file nantinya (dua digit), pakai %3d jika ingin angka yang muncul 3 digit. 
Singkat kata, baris sakti di atas bertujuan untuk mengekstrak 24 buah frame dari tiap detik potongan video yang telah disediakan. keterangan lebih lanjut silahkan ketik "man ffmpeg" dijelasin semuanya di sana. Kenapa pakai .png? pengen aja™. 

pokoknya gitu™

Singkat kata, dengan langkah ini terekstraklah frame-frame ke dalam bentuk .png. saatnya diproses di dalam GIMP

3. Mengolah di GIMP
Frame-frame yang telah diekstrak dalam bentuk .png tadi lalu kita olah di GIMP. buka GIMP lalu open seluruh frame yang ada sebagai layer (File > Open As Layers) 




Sebenarnya setelah ini kita bisa langsung export ke .GIF (file>export | ubah nama .gif | set: as animation, loop forever, delay=42). Kenapa value untuk delay = 42? berikut penjelasannya:

(1 s / 23.976 frames) * (1000 ms / 1 s) 
= 1000 ms / 23.976 frames = 41.708 ms / frame, dibulatkan jadi 42. Pokoknya gitu™.

Akan tetapi karena kita bangsa yang menjunjung tinggi budaya ribet, maka harus ada sedikit sentuhan manual. 

kurangi layer yang ada . dalam kasus ini yang terekstrak ada 42 buah (0-41) karena terlalu banyak maka saya buang sedikit sehingga tersisa 16 layer saja, hemat pangkal tampan. 
tambahkan (40ms) di akhir nama setiap layer untuk delay tiap layer nantinya. Jika tidak diberi nanti ketika diexport ke .gif diberi default (100ms), gapapa juga sih.  
ubah setting warna ke indexed (image>mode>indexed | set dithering: position[atau pilihan yang lain sesuai kebutuhan]) karena .gif cinta indexed color. 
itu... capturenya salah, harusnya di akhir nama layer diberi "(40ms)"

resize image jika perlu (image>scale image) agar ukurannya tidak terlalu besar. 
optimasi (filters>animation>optimize for GIF / difference) 
export (file>export | ubah nama .gif | set as animation, loop forever, delay 42)
optimasi dan export


4. Sajikan selagi hangat

kyaaaah >///////////<

catatan:
- ada banyak jalan untuk "convert video to .gif", ini salah satunya, desu :3
- untuk optimasi sebenarnya bisa dicoba-coba lagi, baik secara manual (optimasi per-layer) maupun dengan imagemagick (males)
- Pokoknya gitu™ dan Pengen aja™



Ya, demikianlah. Selamat mencoba! 



-------------------------------------------------------------
bahan bacaan:
http://goo.gl/JvIU3 
http://goo.gl/7y61n
http://goo.gl/nuXJa