Rabu, Juli 11, 2012

Es yang Mencair


Ada adegan, tentang dua orang yang sedang berbicara di sebuah kedai minum. Minuman yang terhidang adalah kopi dingin, pesanan basa-basi sekedar upah sewa duduk. Sang kopi dingin datang tersaji dengan beberapa potong es berbentuk kubus di dalam gelas tinggi. Tak butuh waktu lama dan pembicaraan pun beranjak serius. Sedikit demi sedikit informasi yang sensitif mengalir. Kemudian terucaplah sebuah kata yang membuat lawan bicara terkejut. Hening. Tatap pandang tak percaya membalut detik demi detik yang seakan membeku.

Lalu es di dalam gelas mengambil alih.

Bongkahan teratasnya tergelincir membentur dinding gelas. Menimbulkan suara yang secara ajaib mencairkan suasana. Seakan berujar, telanlah kenyataan yang baru kau dengar perlahan, biarkan mencair dalam hangatnya penerimaanmu. Perlahan.


nb: foto di atas bukan kopi, melainkan sirup marjan boudoin rasa coco pandan yang tersaji dalam gelas kecil hasil dari hadiah pembelian dua buah permen frozz. Lokasi pengambilan foto adalah di ruang tamu, di sebuah siang yang panas di kota Depok. Tidak ada hewan yang disakiti selama pengambilan foto.