Jumat, Juli 29, 2011

Optimasi Gambar Untuk Web dengan GIMP (2.6)




how to optimize image using GIMP? Jreng, saya gak tau, maka saya googling. Beruntungnya google tidak menghina-hina kosakata saya yang cupu berlevel-level melainkan mendatangkan link-link yang sesuai kebutuhan. Jadi setelah membaca sedikit dan praktek sedikit akan saya jabarkan caranya. Jika anda terbiasa mengoptimasi gambar dengan Photoshop, LUPAKAN untuk sementara, kosongkan pikiran anda, masuk lebih dalam ke bawah alam bawah sadar anda, lalu tertidurlah.

Tanpa Plug-in

Sebenarnya optimasi itu sendiri bisa dilakukan tanpa plug-in yaitu dengan:

1. menjadikan mode gambar hasil olahan anda sebagai indexed. (image>mode>indexed)


lalu akan muncul tampilan di bawah ini:



Jika gambar anda tidak terlalu kompleks, atau bahkan hanya berwarna hitam dan putih tinggal menyesuaikan jumlah warnanya saja. Lain halnya jika gambar yang hendak anda optimasi berupa foto, kualitas gambar bisa menurun drastis. Untuk foto saya sarankan format .JPG jika ingin ukurannya tidak terlalu bengkak.

2. setelah bermain dengan mode sebelumnya (jika hasilnya memuaskan silahkan dipakai, jika tidak sebaiknya kembali ke mode awal(RGB)) , ketika hendak "save as" kita masih diberikan opsi untuk optimasi lebih lanjut, untuk kali ini saya beri screenshoot saat kita memilih format .JPG dan .PNG saja:




pada opsi format .JPG ini kita bisa memainkan kualitas gambar, atau pada advanced option kita naikkan smoothing sampai ukuran tertentu, coba-coba juga kombinasi optimasi yang lainnya :P.




pada opsi format .PNG ini unchecked opsi save resolution dan save creation time, setelah dicoba bisa memberi diskon ukuran pada gambar yang disimpan, walau sedikit.

kelemahan teknik non-plugin ini adalah tidak adanya preview gambar teroptimasi sehingga trial-errornya lumayan memakan waktu, terlebih anda bersahabat dengan menula (mesin lanjut usia). Dan nampaknya opsi untuk JPG lebih banyak ketimbang PNG terbukti dengan perbedaan ukuran file yang lumayan besar (.xcf=2MB ->.png=800kb ->.jpg=90kb).


Dengan Plug-in

GIMP juga menyediakan opsi untuk menambahkan plug-in. Biasanya plug-in diaktifkan dengan cara menaruh file ekstensi ke dalam direktori plug-in. cek: edit>preferences>folders>plug-ins untuk mengetahui di mana lokasi plug-in berada, taruh plug-in di sana(akses foldernya). Setelah ditaruh pada tempatnya, restart GIMP untuk mengaktifkannya. membaca file README yang disertakan pada plug-in akan sangat membantu.

Jika plugin telah aktif (misalnya pada contoh ini saya gunakan save for web dan RIOT) maka akan muncul seperti di bawah ini:


Ada dua ekor plug-in untuk optimasi gambar yang bisa dicoba:

Setelah instalasi plug-in, buka file>save for web untuk sampai ke tampilan berikut:



silahkan dicoba-coba format yang tersedia, plug-in ini menampilkan preview hasil optimasi dan juga ukuran gambar. Kekurangannya mungkin karena menu optimasi (selain resize) yang sama saja dengan ketika kita menggunakan optimasi pada "save as".

Setelah instalasi plug-in, buka file>save for web with RIOT untuk sampai ke tampilan berikut:



Catatan penting: jika menggunakan RIOT pastikan gambar anda sudah flattened (image>flatten image) karena nampaknya RIOT (versi 0.4) hanya bisa mengakses layer yang aktif saja jika gambar masih berupa layer terpisah. Anda bisa meng-undo gambar ke bentuk layer terpisah setelah menggunakan RIOT.

Menariknya dalam penggunaan RIOT ini terdapat lebih banyak opsi dan optimasi lebih rendah lagi dengan membandingkan gambar asli dan hasil optimasi. Salah satu opsi menarik adalah compress to size, kita bisa memasukkan ukuran gambar yang diinginkan lalu RIOT secara otomatis mengoptimasi gambar.

Daaaaaan akhirnyaaaa, pilihan saya untuk mengoptimasi gambar jatuh padaaaa, jeng jeng jeng jeeeng, RIOT dengan tipe file .jpg, berhubung yang saya optimasi adalah gambar berikut:



*template poster dipersembahkan oleh: ei819
**Foto orangnya dipersembahkan oleh capture dari metro TV oleh siapa saya lupa *plak


Err, sebenarnya saya ragu, kata yang tepat itu optimasi atau optimisasi atau optimisasasasisisasais *halah. Jika ada yang nyasar ke sini dan punya koreksi, masukan, tambahan, pertanyaan silahkan meninggalkan komentar pada tempatnya.

Selamat mencoba. Sambel dijual terpisah