Kamis, Agustus 11, 2011

Logo Gunadarma, Inkscape, dan text to path




Diawali rasa heran karena sudah berabad-abad googling dan gak ketemu juga ukuran logo kampus saya yang sedap dipandang mata, entah dari ukuran, kreasi yang fantastis namun tidak perlu, komposisi warna kurang sreg, bahkan wiki pun menampilkan logo ter-emboss yang menyayat hati. Mungkin saya kurang hoki.

Akhirnya, berbekal (yang katanya namun mudah-mudahan dan nampaknya betul) logo resmi yang dimuat di salah satu staff site, saya buatlah logo ini:
yang grayscale:

ukurannya 675 X 689 pixel, rujukan warna saya ambil dari tautan logo yang saya sertakan di atas.

Teman-teman mahasiswa dan mahasiswi Gunadarma (atau mungkin dosen-dosennya juga nyahaha) silahkan menggunakan logo ini jika berkenan :D


Curhat Teknis (Text to Path pada Inkscape)
Logo ini dibuat menggunakan inkscape 0.48.1. Dan tulisan UNIVERSITAS GUNADARMA dibuat melingkar dengan menggunakan text to path. Jika anda adalah pengguna corelDRAW mungkin tidak terlalu kesulitan dalam menaruh text ke dalam path karena sejumlah opsi yang tersedia (seperti flip text dll). Pada inkscape hal ini agak sedikit, err, tricky.

Pertama-tama, harap dimaklumi karena saya pemula *sungkem kalo ada suhu2 mampir

Beginilah cara saya:
- siapkan objek lingkaran dan text


- seleksi lingkaran dan text kemudian mampirlah ke toolbar: text>put on path



- setelah put on path diklik hasilnya ada pada (1). Karena munculnya tidak di tempat yang saya harapkan maka saya rotate ((2)klik dua kali hingga muncul tanda panah melengkung untuk rotasi) dan hasilnya ada pada (3).

- Text belum melingkar sempurna, jadi saya scale lingkaran supaya jadi lebih kecil dan text tetap mengikuti bentuk lingkaran (4). Karena lingkaran hanya berupa garis bantu maka saya set warna garis sebagai transparan (5). cara set warna garis, kunjungi toolbar: object>fill and stroke>stroke paint, pilih tanda silang (no paint).

- Bagaimana jika ingin tulisannya di dalam lingkaran? tinggal flip saja lingkarannya sehingga text berada di dalam lingkaran (6).

- Untuk mengedit jarak antar huruf bisa dilakukan ketika text tool masih aktif, sehingga properties barnya masih tampak pada gambar berikut:

tambah nilai pada spacing between letters sampai jarak hurufnya sesuai dengan yang diinginkan.

contoh bagaimana trik text to path dengan memainkan spacing between letters diterapkan:


demikianlah u_u, selamat mencoba.
Kalau ada yang protes soal judul postingan ini, silahkan juga *melipir

2 komentar:

lukmandisini mengatakan...

test

Tux Admirer mengatakan...

Ternyata begini tah cara buatnya. tadi malam aku gak bisa2 buat tulisan kayak gini.
thank gan tutorialnya. sangat bermanfaat ..