Selasa, Mei 10, 2011

Bergeming

Orang itu masih saja berdiri di tengah lalu-lalang manusia, menghirup keramaian yang memadati sebuah titik sibuk di tengah kota. Tidak ada yang mengenalnya, tidak ada yang memperdulikannya. Begitupun dengannya, tenggelam di dasar ketidak pedulian yang paling dalam dibandingkan sekitarnya. Ah mungkin memang dunia juga begitu, sarat dengan ketidak pedulian, dan orang ini sedang berlatih untuk menjadi yang paling hebat.



Sesekali matanya terpejam cukup lama, sambil menghirup udara, perlahan. Kemudian mendadak membelalak sembari menahan nafas ketika ada langkah tergesa yang melintas tak jauh darinya. Tak lama kemudian menghela seperti mendapatkan kelegaan yang luar biasa setelah langkah itu menjauh, entah karena alasan apa. Apa dia sedang lari dari seseorang?

Kadang ada senyum di ujung bibirnya melihat langkah-langkah berwajah bingung atau pandang kosong tak tentu arah yang melintas di hadapannya. Senyuman superior.

Dan dia masih saja di situ hingga jingga menyelimuti langit.

Kau tahu apa yang paling menyedihkan? Adalah aku yang (menemukan dan) menonton orang-orang seperti ini dan masih saja bergeming.

sumber gambar: Financial Post