Minggu, Juli 18, 2010

Menggunakan Layanan Intensedebate untuk Form Komentar Blogspot

Jujur, saya kurang yakin dengan kebenaran susunan bahasa pada judul postingan ini :p. Tapi menulisnya dilanjut saja dulu, mudah-mudahan ada yang singgah dan memberikan sugesti untuk judul yang lebih baik dan benar :).

intensedebate

entah kenapa saya capture :p

 

Apa itu intensedebate? adalah layanan adu bacot online dari yang saya pahami, intensedebate adalah salah satu layanan sistem komentar untuk postingan di blog atau website (ada juga temannya, disqus). Lebih lanjutnya silahkan kunjungi FAQ yang ada di TKP. Saya sendiri kebetulan mengenal layanan ini setelah secara sengaja singgah ke blognya kang abid

 

Bagi yang blognya menggunakan layanan wordpress mungkin sudah cukup nyaman dengan sistem yang ada. Akan tetapi para pengguna blogspot seperti saya ini kadang agak tidak nyaman dengan sistem komentar yang disediakan. Dan demi kenyamanan itulah saya mencoba menggunakan layanan yang satu ini.

 

Singkat kata, saya melakukan sign up, setelah itu masuk ke dalam dashboard saya dan tercengang, maklum anak baru. Klik tab extras dan pilih widget. masukkan alamat blog anda (untuk kasus saya, saya masukkan alamat blogspot). nanti akan ada petunjuk untuk langkah-langkah instalasi widget intensedebate selanjutnya di sana *lagi males ngejelasin* *ditimpuk*. Yang jelas di awal instalasi ada dua pilihan, ingin dijadikan sebagai widget di blogspot atau menyatu dengan template. yang pertama instalasinya lebih mudah dari pada yang kedua. Akan tetapi saya pilih yang kedua karena loading (yang konon kabarnya) lebih cepat. 

 

Bagaimana dengan nasib komentar-komentar sebelumnya? nah di sana juga diberi pilihan apakah (1) akan menggunakan widget ini untuk seluruh postingan (dari awal) sehingga komentar yang masuk melalui form komentar standar blogspot akan tersembunyi, atau (2) hanya pada postingan terbaru setelah widget ini diaktifkan. saya memilih yang kedua, jadi menurut keterangan yang ada, seharusnya postingan ini adalah yang pertama kali merasakan layanan intensedebate, mari kita lihat *halah*. 

 

Jika anda punya lebih dari satu blog/website silahkan menggunakan layanan serupa pada blog anda yang lainnya dengan menambahkannya di akun intensedebate anda. klik tab sites dan masukkan alamat blog anda di sana. Ikuti langkah-langkahnya ya :).  

 

Oh iya, untuk pertanyaan seputar apa saja kelebihan intensedebate, apa benefitnya dari sisi pengunjung, apa saja fitur yang disediakan, siapa pemenang piala dunia 2014 menurut paul, silahkan kunjungi halaman FAQ di TKP. 

 

Sekian, mudah-mudahan postingan ini bermanfaat. 

ditulis ditemani alunan "better way"-nya Spencer Day