Kamis, Desember 31, 2009

Daily Hope


semoga saya bisa menjadi orang yang senantiasa bersyukur
semoga saya bisa menjadi orang yang senantiasa bersyukur
semoga saya bisa menjadi orang yang senantiasa bersyukur

amin

selamat menghirup udara tahun 2010 M hari esok

ditulis di tengah riuh rendah kembang api yang bersahut-sahutan, di penghujung tahun 2009, di sebuah kamar kecil di pinggiran kota Depok.

Rabu, Desember 30, 2009

L


dilukis digambar dengan spontan di atas whiteboard di kelas,
difoto dengan kamera VGA hape jadul saya,
dipoles sedikit dengan photoshop,
*masih ada noda di pojok kanan bawah -_-*
diberi huruf "L"

spontan, simple dan rapuh, so me :)

Senin, Desember 28, 2009

Avatar, Pandora dan Kucing Biru

Kocak juga ya kalo ngatain orang pake bahasa na'vi. dasar SKXWANG lo! ahahahaha

Eh, ehm. Sudah pada nonton Avatar? bagi yang sering menyaksikan serial Avatar The Legend of Aang, bukan itu yang saya maksud :D.

maaf Aang, kita lagi gak ngomongin kamu loh
sumber

Avatar yang ini adalah film anyar garapan James Cameron. Orang yang sama juga membesut Titanic (1997), film yang memborong 11 piala oscar itutuh.

BUKAN! bukan ini poster Titanic!
sumber

Spoiler, begin.

Jadi ceritanya gini, Jake Sully, seorang veteran perang menjadi sukarelawan dalam sebuah penelitian terhadap suku na'vi di sebuah tempat antah berantah (planet lain?) bernama Pandora. Err, karena pas nontonnya telat, jadi bagian paliiiiing awal gak liat-liat banget. pokoknya gitu deh. Yang jelas bulan di situ (setelah saya hitung) ada lima *sempet aja, dan mungkin salah :p*.

*setelah googling saya yakin kalau Pandora itu planet lain, hihi, kecup hangat buat om google*

Proyek penelitian itu sendiri terdiri dari para ilmuwan (Dr. Grace Augustine dkk) dan juga ada unsur militernya yang dikomandoi Kolonel Miles, dan tentu bos mata duitan (Selfridge) yang sebenernya ngincer mineral bernama Unobtainium yang terkandung di bumi Pandora.

Singkat kata singkat cerita, aku dan dia jatuh di got Si Jake ini dikoneksikan ke tubuh hibrid (iya, hibrid kan ya?) yang disebut avatar, amat menyerupai sosok para penghuni pandora situ, kecuali jumlah jarinya saja yang berbeda. Para avatar berjari lima, sedang penghuni asli berjari empat (dan yak, saya menghitungnya! waw! walaupun ini di muat di trivia film ini juga sih, etapi saya duluan taunya).

Bayangan awal pas ngeliat sosok avatar maupun penghuni Pandora ini adalah, IIH KAYAK KUCING BIRU~ *lempar ikan asin* tubuhnya menjulang, rambut ekor kuda dengan jaringan syaraf khusus di tengah-tengahnya, berekor, kulit loreng, biru, hidup pula, mmm, liat sendiri deh gambarnya

ini sosok Jake yang menghuni avatarnya
sumber

Misi pertama Jake adalah mengawal Dr. Grace dan temannya (norm) mengambil sampel tumbuh-tumbuhan di sana, mereka semua mengendalikan avatar masing- masing. Dasar si Jake oon, dia iseng berkeliaran. Sewaktu melihat tumbuhan berbentuk spiral dimainin deh sama dia (salah satu scene kocak bin oon). Ternyata hal tersebut mengganggu hewan serupa badak tapi culanya lebih seperti tampang hiu martil. Mari kita sebut, badak martil. Ya si badak itu ngamuk, tapi dengan berdiam diri maka nyawa dijamin selamat, begitu kata Dr. Grace.

Tapi the real disaster muncul, yaitu si mahluk dengan sosok menyerupai macan kumbang ya tapi namanya juga mahluk planet lain, agak susah mendeskripsikannya. Pokoknya seperti macan kumbang hanya saja mukanya seperti bergabung dengan bunga teratai dan pantat kecoa. susah dibayangin kan? Nah si macan ini, selain bikin para badak martil itu kabur, juga mengejar Jake sampai luntang lantung ngibrit ga jelas dan akhirnya ditinggalkan rombongan peneliti itu karena pada malam hari mereka dilarang beroperasi.

pengalaman pertama yang seru kan? buat seorang Jake, yang bukan ilmuwan, gak kenal medan, oon. Sampai akhirnya dia bertemu Neytiri (seperti menyebut nenek tiri gak sih).

Hmmm, apa harus diceritakan semua di sini?
Ah lanjut ke scene yang saya suka aja ya. hihi.

Akhirnya Jake dititipkan kepala suku Omaticaya *halah ribet nyebutnya* kepada Neytiri untuk diajari cara bangsa Na'vi berlatih militer. Dan karena oonnya dalam berbagai hal, dia dipanggil skxwang, sebutan dalam bahasa Na'vi yang artinya kurang lebih: bodoh, oon, bego, idiot *cukup, cukup*. Dan dia pun belajar banyak, tentang kehidupan Omaticaya, tentang interaksi dengan alam, tentang cara mengendalikan hewan-hewan yang ada di Pandora, tentang *UHUK* cinta.

[loncat scene]

Rupanya kolonel Miller, yang memberi batas waktu tiga bulan bagi Jake untuk mempelajari dan bernegosiasi kepada suku Omaticaya agar mau pindah dari tempat mereka tinggal sekarang, kehilangan kesabaran. Karena Jake dari hari ke hari malah terlihat "sangat Na'vi" ketimbang mentaati perjanjian awal yaitu menegosiasikan pemindahan suku Omaticaya dari tempatnya, Atas nama Unobtainium. Lalu terjadilah hal yang paling tidak diinginkan. JRENG JRENG

apakah kejadian itu?
Apa itu Ikran? Apa itu Toruc Macto?
Apakah ada adegan perang yang seru di film ini?
Bagaimana kelanjutan *uhuk uhuk UHUK* hubungan Jake dengan Neytiri?
Apakah rencana Miska untuk merusak hubungan mereka berdua di Cinta Fitri Season selanjutnya?
Apakah Manohara akan balik menuntut Kerajaan Kelantan?

Bagaimana akhir dari semua cerita ini?

Saksikan di tempat anda ingin menyaksikannya ya~, entah di bioskop yang anda sayang atau tidak, atau tempat lain yang mungkin saya tidak tahu *siyul2 cari link*

Apa yang saya dapat?
Ya selain kata skxwang *yeah, otak bebal ini selalu saja peka terhadap umpatan kata baru, hihihi* kesan yang saya dapat dari menonton film ini adalah: HUAAAAAAAAAAAA KEREEEEEEN. Teknologi saat ini sepertinya benar-benar meng-cover film yang hampir 60% menampilkan animasi ini. Setting tempat yang benar-benar imajinatif, tumbuh-tumbuhan yang unik dan beraneka rupa. Binatang-binatang fiksi yang lucu-lucu (ya, bagi saya lucu), bahasa artifisial yang menarik untuk dipelajari (loh?), dan masih banyak wow-factor yang membuat saya ber-wow-wow ria. Mari lupakan New Moon *disambit pendukung fanatik edward cullen dan mr. muscle Jacob-something*

Blade, do your job, ahahah
sumber

ehm,
Pernah menonton seri Earth From Above yang ditayangkan beberapa kali di Metro TV? suasana dan energi yang saya dapat dari film ini adalah seperti ketika menonton seri Earth From Above, ditambah Big Ideas For Small Planet (yang juga ditayangkan di Metro TV, sepertinya jam tayangnya pindah). Hanya saja ini fiksi. Saya menangkap pesan yang serupa.

Ya, Pesan yang begitu jelas, cintai alam, karena kau bagian darinya.

Mungkin kita sering melihat liputan pembalakan liar, penebangan hutan besar-besaran, illegal logging, name it. Semua menyiksa hutan, paru-paru dunia. They kill the world. Saya pernah dengar cerita miris tentang sebuah hutan yang dari kejauhan tampak "sangat berpohon" tetapi ketika dilihat dari dekat yang tampak hanyalah tanah yang tercabik-cabik karena pohon-pohonnya ditebang seenaknya dan menyisakan pohon di pinggiran hutan itu saja. Oh ya, bapak saya yang menceritakan hal ini selepas kepulangannya dari Kalimantan, ya, ini di Indonesia (kita?), salah satu paru-paru dunia. Miris.

Apa kita benar-benar sedang hidup di pandora, tiada tersisa kecuali harapan di dalamnya? *halaah nyambung gak sih* Wahai kalian bangsa Na'vi bangkit dan lindungi alam!!! eywaa eywaaa, dukung kamiii~ *mimpi jadi toruc macto*

Oh, satu lagi,
Sosok favorit saya di film ini adalah Dr. Grace :). Sosok ilmuwan yang keras, berdedikasi dalam bidang yang digelutinya. Ya, keras sampai-sampai di awal cerita dia menolak Jake Sully, seorang veteran yang cacat (tidak bisa berjalan) untuk turut serta dalam penelitian atau bahkan sampai mengendalikan avatar. Baginya Jake tidak memiliki kemampuan selain otot dan otot, dan dia buta tentang Na'vi sama sekali. Ya, Jake si Oon.

Di balik itu, dia peduli, sangat peduli pada anggota timnya. Terlebih setelah Jake hilang di hutan dan secara ajaib malah berhasil melakukan pendekatan ke Omaticaya. Setelah itu, Dr. Grace berada di samping Jake, hingga akhir. Haha, mungkin karakter yang sedemikian bisa ditemukan di cerita-cerita lain ya, dan deskripsi saya pun agak (sangat) kurang detail. But for me, this is special :D

i've lost once

Dan seseorang, dengan sebagian besar watak Dr. Grace berada dalam dirinya (orang yang dihormati orang banyak dan amat sangat berdedikasi di bidangnya) some how, saved me. Bukan dengan menepuk pundak dan berkata, its okay, im beside you *dorama banget*, dia hanya melakukannya begitu saja, ya, berdiri di samping saya. Menyuntikkan harapan dosis tinggi, menyelipkan pesan bijak dalam setiap kata-katanya yang berima, bahkan amarah pun disulamnya dalam kalimat berima yang memukau telinga namun menghujam hati. Oh ya, saya saat itu berada dalam "project" yang dia pimpin, hehe, lucky me. Saya harus sempatkan waktu untuk mengunjungi pusaranya. Harus.

Oh well, malah curcol hihi
Menonton film ini bisa jadi hiburan yang menarik dan sarat makna, dan tentunya pesan dan kesan yang dijaring berbeda-beda. Mungkin rate +13 bisa jadi patokan untuk orang tua yang hendak mengajak serta anaknya untuk menonton film ini. Sosok-sosok "kucing biru" yang ditampilkan seperti manusia yang yang nyaris bugil (bayangkan suku-suku di pedalaman Afrika atau Irian) dan secuil adegan mesra agaknya kurang pantas untuk disaksikan anak-anak.

Pokoknya film ini *pungut-pungut jempol yang berserakan* 10 thumbs up!
Akhirnya, (bagi yang belum nonton ataupun mau nonton lagi) selamat menyaksikan. :D

Sabtu, Desember 19, 2009

acar itu berada di bawah lidahnya!



WARNING: tulisan ini ngalor ngidul

pernah nonton spongebob episode pickles?

yak sodara-sodara, inilah spongebob

Yang gak pernah nonton, gak gaul amat sih lo *diulek* Lebih jelasnya sih baca saja tautan yang saya berikan di atas itu :p. Tapi ringkas ceritanya begini, spongebob mendadak kehilangan kemampuan menyusun krabby patty setelah seorang pelanggan (bubble bass) mengeluhkan ketidakadaan acar di dalam krabby pattynya. Ya tentunya keluhan yang "dalem" *oh ini kata apa sih yang tepat ya*

well, detik saya menulis ini, saya sedang berada di titik yang sama seperti spongebob *berpelukaan~*

oh yeah, what? another menye2 post? boooooo

WHATEVER

lanjut

Ya, begitu, titik ini, titik di mana hal yang saya mengerti mendadak membeku di ujung jari, di ujung lidah, di ujung segala hal yang berjarak satu mili dari "implementasi". what a bothersome

shikamaru said "what a bothersome"

pengen mengumpat di twitter nanti diboikot wartawan infotainment tapi apa menyelesaikan masalah? no. Mending nulis di blog kayak gini *ah jadi inget masa lalu, hikku*

jadi maumu apa sih luk?

wait, before questioning me, lemmetellyasumtin *digebuk guru bhs. inggris* posting ini, buat saya, jadi semacam terapi buat ngungkapin unek2 yang menganjal. mari kita sebut blogtherapy (apa sudah ada yang memakai istilah ini? *mendadak males googling*)

so, here i am, berada dalam sesi therapy, tulisan mengalir dengan sangat gak jelasnya seperti ini yang mungkin merusak otak kalian setelah membacanya dalam hitungan detik (?) hihihihihihihi *ngikik*

..............
..........

Dan, pada akhirnya, berkat pertolongan Mr. Krab (yang herannya mendadak menampilkan sisi bijaknya di episode ini, MENGEJUTKAN) Spongebob dengan SANGAT LUAR BIASA mampu menyusun kembali Krabby Patty dan kembali ke Krusty Krabb untuk melayani pesanan para pelanggan (dan ya, squidward mengacau seperti biasa)

Dan ketika dia menghadapi pelanggan rese-bin-riwil-bin-banyak-maunya yang sama, spongebob dengan penuh keyakinan diri menyodorkan krabby patty racikannya.

TERNYATA ACARNYA HILANG LAGI

Wait, hal yang sama terjadi lagi, ada apa ini? ada apa ini?*gaya tarsan srimulat*.
Seperti kata pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan pup jatuh juga.

Ternyata si orang rese itu menyembunyikan acar di bawah lidahnya! jadi ketika memamerkan kunyahan yang tanpa acar kepada spongebob sebenarnya dia telah menyembunyikan acar tersebut di bawah lidah. Dan salah satu ke-lebay-an (di antara berjuta-juta ke-lebay-an lainnya) di episode ini adalah si pelanggan rese (okeh, namanya bubble bass) itu ternyata menyimpan acar dari krabby patty sebelumnya juga (ada 4 acar di bawah lidah, huek). SPONGEBOB WON!! *bawa kecrekan trus goyang dombret*

back to me

Episode saya lebih panjang durasinya dari episode pickles ini.
Saya mungkin enggan mengakuinya, tapi saya butuh *uhuk uhuk achoo* Mr. Krabs
Saya harus menemukan acar itu, harus.

terima kasih untuk spongebob.wikia.com yang sudi menjadi referensi saya.

EOF

Eh iya, selamat datang di tahun 1431 H

EOF *beneran*

Kamis, Desember 17, 2009

mari mengumpat

loh ini ajakan apa sih ya? *digebukin*

Nyahahaha, errr mungkin sudah pada tahu kasusnya mbak Luna Maya itu? singkatnya, karena merasa terganggu dengan tindak tanduk (kenapa harus tanduk?) segerombolan wartawan infotainment, akhirnya mbak Luna berkicau dengan pedas di akun twitternya. berikut kicauan bermasalah itu:

Infotemnt derajatnya lebh HINA dr pd PELACUR, PEMBUNUH!!!! may ur soul burn in hell!!


kebayang kalau kicauan mbak Luna itu berasal dari howler, hiii

ih waw, seorang artis yang di-follow oleh banyak orang di twitter mengatakan itu? well, sebelumnya kita juga harus tahu alasannya mbak Luna dong ya, hihihi.

Tapi terlepas dari segala alasan yang ada, melontarkan kata-kata sedemikian di ranah publik, ya ranah publik, menurut saya sangatlah tidak bijak. Apalagi yang melontarkannya adalah orang-orang yang tenar. Yang gak terkenal aja kadang bikin risih.

Kalau kata om Pitra, twitter itu seperti jalan raya yang penuh sesak. Memaki-maki di tempat sedemikian? waw PeDe(atau Ga tau Diri?) ahahaha.

Yang jelas gak kebayang secoreng moreng apa muka mereka kalau nama mereka, baik orang tenar maupun orang gak tenar atau MUNGKIN SAYA *tampar pipi sendiri bolak balik*, tiba-tiba nampang di situs ini. *mari mengheningkan cipta dan ngakak bentar melihat geliat di situs itu*

oh ya, ini baru twitter. bagaimana dengan situs jejaring sosial yang lain (facebook, plurk, koprol)? *klik yang tengah dan bikin akun ya~*

Untuk para pengguna twitter, ada baiknya juga membaca tao of tweeting ini sebelum nge-twit. Tips tersebut sangat mungkin berguna di tempat lain.

Ah mungkin kalian gak peduli ya, ya sudah, mari mengumpat di "ranah publik ini" lalu perhatikan apa yang terjadi *Mario Teguh mode ON........... tapi versi sesatnya* *ditimpuk*

>>selamat hari kamis kisanak, apa anda baru bangun malam-malam seperti saya karena ketiduran sejak magrib dan karena enggak bisa tidur lagi akhirnya nonton Barcelona vs. Atlante yang berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Barcelona dan karena gak bisa tidur juga akhirnya berkicau di blog? ahahahahahahaha ampun ndoro~

>>>tercerahkan setelah membaca postingan ndorokakung dan om Pitra.

Minggu, Desember 06, 2009

Melompati November

sumber gambar
----------

Oh, wait, WHAT?

yyyyeeessss, resmi gak posting di blog selama bulan November *gigit-gigit mouse*. Alasannya: gak mood. Yeah, begitulah.

sebenernya sekarang juga masih gak mood. Ditambah lagi dengan koneksi internet yang kembang kempis (pernah dengar istilah fakir benwit? saya salah seorang dari mereka *ga penting*) klop sudah moody-woody-doody ini menjajah saya.

ah alasan selalu begitu ya, intinya mah gak posting sebulan :p.

Dan, tibalah kita di penghujung bulan di tahun ini, DESEMBER. Terbentang lembar-lembar evaluasi tahunan pribadi masing-masing, raport akhir tahun siap dibagi. *ini ngelantur gak sih*

me? mess :p