Minggu, Oktober 26, 2008

Si Kecil (hatinya)

Gw gak sanggup, gw gak mampu, itu blom pantes buat gw, gw blom siap, gw nggak.. gw blom…… gw nggak… gw blom……………….. argh!!!

Berapa banyak sih suara 'kek gitu' yang mengiang di lobang telinga lo setiap kali lo bertemu dengan sesuatu yang butuh konsentrasi lebih, perhatian lebih, keseriusan, tanggungjawab, tantangan, kesungguhan? Like running make me better, although that just make everything going worst and worst.

I'm tired of starting my everyday with those sounds bothering my ear. Segalanya jadi terasa ribet. Even breathing make me tired! Hiks, hiperbolik banget gw. And lucky me, selabil-labilnya jiwa gw, Sang Maha Kuasa masih memberi gw kendali emosi yang luar biasa untuk saat-saat penting. One of my good point, at least.

Dan, Pak Mario Teguh, seorang motivator, menyentak gundah gw dengan kata-kata sederhana yang logis. "Mungkin seseorang terlalu kecil hatinya, sehingga dia tidak sanggup meletakkan kesungguhan yang besar di dalamnya", begitu katanya.

Nice words of him, do I really have that small heart? Let put A big WILL in my heart, and see what happen next

It will never easy for me
But I believe, I need this weather change
And I need more advices
And I need to improve my English, ^_^

Terindah

Rabb
demi keindahan anugerahMu
jadikan perasaaan indah ini
untuknya yang terindah di hadapanMu

dan biarkan diri ini
dengan segala keindahan padanya
menjemputnya
dengan cara terindah bagiMu

Sabtu, Oktober 25, 2008

sedikit lebih dekat

Jarak. Sekat tak kasat mata yang menghuni ruang antara kita dengan sesuatu. Ukurannya adalah dekat atau jauh.

Fyuuh, hari-hari sekarang agak berat bagi gw. Pasca sakit seminggu kemaren, ternyata gw blom fit bener. Kepala masih sakit n badan masih lemes, konsentrasi sering buyar. Masih untung gw bawa motor ke kampus gak sampe nyasar ke dufan, hohoh, itu mah jalan-jalan. Bawa kupon diskon dufan ah *loh?

Ngomong2 soal rekreasi, gw kira gw butuh rekreasi batin akhir-akhir ini. Yup rekreasi batin. Lagi keruh, kek kolam lele gitu. Istilah keren buat rekreasi ini, inner journey [keren gak sih? meragukan]. Yah, kalo dimisalkan ruang batin gw itu kamar, kudu beres-beres lah, nyapu, ngepel, ngeluarin tumpukan sampah yang teronggok gak keurus di pojokan, bersihin sarang laba-laba yang udah ngebentuk kaos kaki saking kreatif laba-labanya, beresin buku-buku yang berserakan, ngelap kaca.

Bentar, bentar, ini kerja bakti ato rekreasi sih?

Hohohoh, pokoknya gitu dah, gw butuh nge-refresh batin gw. Dan gw ngerasa kalo salah satu dari sekian banyak penyebab gw gak fit begini adalah gara-gara faktor depresi yang melanda batin gw. Istilahnya, psikosomatik [elaah, hari ini banyak keluar istilah nih].

Dasar gw emang muslim cap sarung robek, gw selalu ngerasa pengen deket banget sama sejuk-hati-di-lantun-kalam-ilahi pas saat-saat gw ngerasa terpojok, tertekan, buntu kek gini [arrgh!]. Saat di mana gw punya senyum paling ikhlas dalam hidup gw, saat-saat begitu. Saat-saat beban hidup serasa melayang ringan laksana putih awan di langit.

Saat serasa tak berjarak……………….

Kamis, Oktober 23, 2008

sebelum terpesona

ini tentang waktu
ini tentang aku dan derita

aku belum sanggup terpesona
lantas berbagi derita dengan si mempesona

sebelum karam

bidukku kan karam segera
dan rahmatMu labuhanku semata
rabb
izinkan aku
dengan segala burukku
mengiba ampunMu

Senin, Oktober 20, 2008

how precious?

Tentang sesuatu dan seseorang…………..
Gimana cara lo ngehargain sesuatu? Gimana cara lo tau kalo sesuatu itu layak untuk dihargai? Seyakin apa diri lo kalo sesuatu itu emang berharga? Kalo yang pengen lo hargain itu orang laen, apa lo ngasih tau ke dia kalo dia itu berharga banget buat lo? Gimana cara lo nyampein penghargaan lo sama orang laen itu? Apa lo siap dengan gimanapun sikap orang yang lo hargain terhadap lo nantinya? Pernah gak lo ngehargain orang secara berlebihan, trus jatoh kecewa lantaran fakta pahit yang terkuak di depan mata lo sendiri tentang dia sesungguhnya?

Tentang diri sendiri………….
Pernahkah elo dihargai? Ketika lo ngerasa lo berhak untuk dihargai, trus lo nggak dapet penghargaan yang lo kira layak buat lo, trus apa sikap lo?

Apa diri lo layak untuk dihargai?

Hei hei, what's wrong with you, Lukman? Huhuh, nothin. Cuman lagi pengen nulis pertanyaan aja. Soalnya kadang pertanyaan-pertanyaan simple yang esensial, jawabannya gak ketemu yang pas kalo nyarinya maksa. Tapi kalo ngebiarin gitu aja ngalir bersama keseharian, kadang jawabannya make u amaze and no word can describes.

Sabtu, Oktober 11, 2008

Pelangi di tengah malam

Sering gw heran, kenapa ada acara yang direncanainnya heboh, udah kek mo ngerencanain invasi militer ke planet pekopon [keroro mode ON], ujung ujungnya malah gak jadi n bikin bete. Tapi ada acara yang cuman sekejap kepikiran, sekejap ngomongin, sekejap jadi, n sukses dengan bahenolnya.

"People suppose God dispose" berlaku, manusia itu sebatas ikhtiar, dan Sang Pencipta jua yang menentukan. Catet!

Apa sih maksud gw?

Jadi gini, sbenernya habis lebaran, ada planning ini n itu dari temen-temen kuliah. Jalan kemari lah, jalan ke sana, jalan ke sini, sunat massal lah *jah!*. Dan karena pas liburan pas nongol film Laskar Pelangi, jadi ada jugak yang punya niat pengen nonton bareng. Dan setelah begitu banyak pilihan, maka diputuskan, GAK JADI NGAPA-NGAPAIN. Makan steak di WS sampe obesitas jugak neh! *eit emosi

Kecewa gw hampir permanen, kalo gak muncul ide sekejap yang dateng mampir beberapa detik di otak gw.

Jam 20.51 [kira-kira…], Margo City lantai 3, depan Platinum, keputusan yang sangat penting bagi perdamaian dunia telah diputuskan. Gw bertiga sama adek gw, nonton Laskar Pelangi, kloton [kelompok nonton] terakhir, jam sepuluh malem, di baris nomer dua dari depan. Kebayang gak, leher pegel, mata nambah mines, cantengan tambah gede.


-i'm nekad that night *hags!-

Habis nonton, jam setengah satu malem kita [keluyuran kek orang bener] beli ayam goreng buat makan malem. end of the show!

Malam yang cukup aneh buat gw, seaneh pelangi di tengah malem *lebay ah*. eit, tapi kita emang beneran kok ngeliat 'pelangi' di tengah malem, kan nonton Laskar Pelangi [alasan yang aneh].

Feel-nya emang lebih berasa pas baca novelnya, tapi, buat di bandingin sama pelem2 Indonesia yang berkisar suster ngesot, satpam ngesot, kuntilanak, supirlanak, montirlanak, n pelem2 tema cinta yang serasa mindah sinetron ke layar kaca, Laskar Pelangi tetap lebih baik.

Pelajaran buat gw: buat rencana harus lebih baik. Ada yang bilang. "Gagal merencanakan sebenarnya merencanakan kegagalan", I got the point.

Kamis, Oktober 09, 2008

Overheat sister

Siang siang, pas udara panas bin gerah, emang paling enak ngademin badan dengan minum cendol sambil ngupil *apaanseeh?. Yaah, apalagi kalo lo lagi bengong bengong bego gara-gara efek gerah yang mengeringkan cairan otak, tiba-tiba ada cendol gratis nongol di depan lo mintak habisi, mantab! Gak perlu nanya Ki Joko Bodo langsung aja tu cendol kering dengan ganas!

Tapi ada sisi laen dari cendol-di-saat-gerah yang bikin gw senyum senyum aneh. Dan demikianlah cerita singkat ini bermula…… jreng-jreng

Di suatu siang, pas itu langit depok cerah terik, udara gerah bikin mateng jerawat, keringet kering kerontang, daki mengerak, jempol membengkak [yang ini si gara2 cantengan], dan gw ngerasa udah gak kuat lagi untuk menanggung cobaan yang sedemikian kering. Tapi pada akhirnya sang putri dapat hidup bahagia dengan pangeran selama-lamanya [gubrak!]

Bukan gitu ceritanya, pas lagi keadaan super gerah gitu, bokap gw dateng bawa nangka seplastik. Lumayan laah buat cemilan di siang bolong. Eeh, beberapa detik kemudian, hamid, adek gw yang paling bontot, dateng bawa es cendol CUMAN SEBUNGKUS!!! Beuh, bahenol banget tuh cendol, bikin gw ngiler dari idung. Tapi gw sadar, itu bukan hak gw *sadaaaap*, jadi tugas gw cuman membantai nangka-nangka tak berdosa barusan. Keadaan aman terkendali, gak ada pemalakan di antara kita.

Tadinya keadaan udah damai aman tentram. Sampai saat si Ami [my sister] urun rembug. Pertama sih nyuil-nyuil nangka bareng gw, aman. Trus minta cendolnya Hamid, dikit, aman. Dan gak tau gimana si Ami tiba-tiba punya ide MAHABRILIANT buat urusan icip icip yang belum pernah terpikirkan oleh otak super*ehm-uhuk-uhuk*keren gw.

Dengan sigap, dia ngambil nangka tanpa biji ukuran sedang, kemudian dengan santainya nyemplungin nangka ke dalam cendolnya hamid. Pastinya, muka si hamid mendadak sumingrah, tumben banget mbak Ami baek banget, biasanya mah malak tanpa ampun, mungkin gitu pikirnya, dan gw mikirnya gitu jugak. Tumben banget si Ami kek gitu, apa gara-gara kepanasan? Sapa tau aja gitu.

DAN TERNYATA KITA BERDUA TERTIPU!!!

Si Ami, nyemplungin nangka ke cendolnya hamid, ternyata buat dia makan sendiri, sambil tak lupa menyendok cendol tak berdaya itu dari cangkirnya si hamid. Tega banget. Dan itu dilakukan dengan pedenya. Gw sama si hamid cuman bisa nganga, speechless ngeliat sepak terjang sister kita yang satu ini.


-no komen ah, kena gaplokan super ntar, wkwkwkwkwkwk-

Bener-bener, panas yang berlebihan kadang bikin kelakuan orang yang udah aneh jadi lebih aneh lagi, wkwkwkwkwkwkwk. [ampun mi, wkwkwkwkwk]

Rabu, Oktober 08, 2008

CAS (Catatan Akhir September / Awal Syawwal)

Wiiiih, gw baru nyadar kalo sekarang udah ganti bulan masehi. Dari September ke Oktober [liat kalender bentar… yap bener]. Soalnya sepanjang bulan September kan pas banget bulan Ramadhan. Jadi sensasi yang kerasa tu ya Ramadhannya [sensasinya mantap! *korban iklan*]. Gw [dan sangat mungkin lo pade] ganti haluan tanggalan ke hijriyah rasa-rasanya cuman pas Ramadhan doang dah, duh muslim cap sarung kucel banget ya gw. Padahal dulu sempet loh gw fulltime pake tanggalan hijriyah, rindu masa-masa itu………….

Eniwey, kegiatan di akhir bulan September, karena bertepatan dengan akhir Ramadhan jugak, maka bahasan berkisar seputar persiapan LEBARAN n MUDIK. Gw sih mudiknya deket, di Bandung [tempat gw brojol dulu ^^], malah gak berasa mudik sih sebenernya, abis tiap bulan paling gak gw di sono sih. Tapi mo gimana lagi, kluarga nyokap ngumpul di sono smua, ya udah ikutan aja. Mo ke Jogja [tempat bokap], gw gak sreg ma yang di sono [nahloh], mo ke Gorontalo jauh banget n tiket pesawatnya bikin jatah makan kucing gw jadi seret *apasih?*. yaudah, ke Bandung aja dah.

Off to Bandung, satu hari sbelom lebaran. Brangkat siang-siang, biar gak nanggung amat pas nyampe sono. Di perjalanan, gw dengan tak senonohnya nyanyi-nyanyi-najong-tak-jelas dalem mobil, maksud hati bikin suasana ceria, eh sekeluarga hampir aja pada muntah dari telinga gara2 gw nyanyi, nyahahahahahai, seneng banget gw! *loh?*. Itulah salah satu kekuatan terpendam gw, pantesan tiap gw nyanyi dalem kamar mandi, kecoa2 tiba2 muncul dan langsung mati [soalnya gw injek, yeee]. Untung aja gw gak dilempar ke jalan tol gara2 gw konser dadakan gitu, tunggu aja albumnya keluar *apacoba?*.


-safe sleep, tidur aja pake seatbelt, di kepala, wkwkwkwk-

Sampe di Bandung, gw dapet berita keren. Si Nunu, sodara spupu gw yang masih TK, puasanya tamat 1 bulan full, hohohohohoho. Inilah yang dinamakan MENUNAIKAN IBADAH PUASA, jadinya ibadahnya TUNAI, alias gak pake ngutang. Wahai kalian yang puasanya bolong bolong tanpa alasan syar'i, malulah pada Nunu yang bergoyang [Emang Dewi Perusak, eh Persik, wkwkwkwk, ampun bu].


-ni dia nunu, konon cita2nya jadi suster ngesot *gw aja heran-

Gw jadi inget kata nyokap gw, pas masih kecil dulu, sebelom buka puasa gw udah megang-megang permen, ya dibiarin aja. Tiba-tiba gw masukin permen ke mulut, ya nyokap sewot lah. Tapi dasar dari dulu gw emang cerdas, gw bilang ke nyokap "ini kan disimpen dulu di mulut, blom ditelen, entar pas bedug baru ditelen", cerdas banget kan gw? Sampe pengen nampol, wkwkwkwkwkwkwk.

Besoknya, masih di Bandung, setelah Sholat Ied [gw telat, aaaaaaa] kita sekeluarga keliling2 by car ke keluarga yang kebetulan tumpek blek di Bandung, ritual tahunan. N penyakit moody gw kambuh! Gw gak mood banget silaturahim, gak tau kenapa tiba2 gitu, apa karena nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah? [gak nyambung!] tapi karena gw cuman peserta aja, ya ikut aja.


-liat, silaturahim kudu waspada jugak, makanya tas sodara gw digembok ^^-

Satu-satunya mood gw hari itu adalah: MAKAN CUMI CUMI. Gak tau knapa pengen banget makan cumi, pengen banget! Biarin dibilang kek orang bunting ngidam, pokoknya gw pengen. Dan insting cumifora gw bergelora, ketupat aja gw liat bentuknya udah kek cumi, opor ayam juga kek cumi, sambel kentang juga kek cumi, duit THR gambarnya jadi cumi semua, bahkan di restoran seafood gw liat gambar cumi mejeng [yaeyalaaaaaaaaah! dodol].

Oh cumi,
hadirmu cerahkan hariku,
senyummu nyawa hidupku,
hela nafasmu lengkapi jiwaku,
You complete me for sure…..

[gila ya gw, padahal cumi doang, wkwkwkwkwk]

And you know, gw bener-bener makan cumi hari itu jugak! Yes! Doa orang keren kayak gw emang punya potensi terkabul! *hweek!*. di perjalanan pulang, tiba-tiba orang semobil demo, pengen makan, jadi dah masuk ke rest area di kilometer-brapa-gitu di Cipularang.

Pas masuk tempat makan [lumayan pewe], naro pantat di kursi, baca daftar menu, n guess what, di situ ada beberapa menu CUMI-CUMI! Langsung aja dengan ganas gw pesen tuh cumi [gw pilih cumi saos tiram], pas pesenan dateng, langsung aja gw bantai dengan sadis tak bersisa tuh cumi, hwahahahahaha! Hampir aja piringnya ikut kemakan *boong*. Yaah, ada tukang malaknya jugak sih, si Ami [adek gw] sperti biasa, cipana cipini [cicip sana cicip sini].


-identitas sengaja dirahasiakan, ntar digaplok gw T_T-

Masalah taste sih, standar, masalah kuantitas, dikit [hiks, kurang T_T], tapi masalah momen dan harapan, excellent! Unforgettable dah! Padahal gw gak ribut-ribut pengen cumi, tapi dapet aja. What a beautiful end of the day! Heran ya, kadang hati puas untuk alasan yang gak logis, who knows? Mood gw kembali seketika

Hari-hari di awal Oktober kmaren ya kembali dihabiskan dengan silaturahim ke keluarga di Tangerang sama Jakarta. N gw dengan bangga mengatakan, gw nggak mabok opor tahun ini, YES!!! Walaupun opor n ketupat berserakan di mana-mana, gak gw sentuh [dikit sih, sebagai penghormatan]. Malah gw makan bakso, cumi, rendang, sayur asem, pokoknya alternative lah.

Duh, cerita masih banyak ni, berjubel di otak, tapi apa daya, perut gw lagi laper sekarang. Isi bensin dulu. Mulai dari nol lagi neh, heheheh. Ngomong2 soal mulai dari nol, THR gw mulai beranjak ke angka nol nih, hiks..

Buat temen-temen, gw ucapin:
MINAL 'AIDIN WAL FAIDZIN
TAQABBALALLAHU MINNA WA MINKUM SHIAMANA WA SHIAMAKUM, TAQABBAL YAA KARIIM

Mohon maaf atas segala kesalahan gw, kenajongan gw yang gak disengaja, kenarsisan gw yang kadang bikin mual. Mohon maaf jugak sama temen-temen yang gak enak bodi gara-gara gw yang suka ceplas ceplos. Mohon maaf jugak kalo gw punya utang sama kalian, mohon dimulai dari nol lagi *waddezig!