Kamis, Januari 03, 2008

Novel itu selesai dibaca selama satu tahun!!!

Apa sih untungnya ngerayain pergantian tahun? Okeh, jujur aja, gw sendiri kalo ngomentarin pertanyaan yang kaya ginian bakalan bilang, "ga ada untungnya", walaupun pas pergantian tahun seluruh umat manusia sedunia pada ngasih duit ke gw masing-masing sejuta rupiah sebagai pembuktian kalo ngerayain pergantian tahun itu benar-benar untung [yang jelas mana ada yang mau]. Debat masalah ginian? males amat, apalagi kalo habis debat ga ketemu solusi, ke empang aja! [laut dah penuh].

Gw idealis? ngga, ngga segitunya. Mungkin gejala-gejala idealis keliatan dikit lah, tapi setulusnya gw ngga ngerasa bahwa pergantian tahun itu momen yang spesial. Perasaan itu tak pernah ada di antara kita [gw dan taon baru].

Lagian, tahun baru itu kan cuman ganti hari dari tanggal 31 Desember tahun sebelumnya ke tanggal 1 Januari tahun setelahnya, itu aja kan? seperti hari-hari yang lainnya, dari tanggal 29 ke tanggal 30 de es te. Ato lebih spesifiknya pergantian waktu dari detik ke 60 tanggal 31 Desember ke detik pertama tanggal 1 Januari dini hari, that's all.

Tapi walaupun begitu, bukannya gw cuek secuek-cueknya. Gimanapun juga gw berusaha ngisi momen pergantian tahun dengan kegiatan yang spesial, di antara kegiatan yang sudah gw lakukan dan gw masih inget:
- bengong ga jelas sambil dengerin [ga ngeliatin] kembang api meleduk di luar rumah
- makan satu tahun dari jam 12 kurang 5 menit sampai jam 12 lebih 1 menit
- njitakin adek satu tahun, di detik-detik terakhir dari bulan Desember hingga detik-detik awal bulan Januari [betapa besar dosaku padamu, adikku, tapi aku ketagihan]
- bertapa di kamar mandi menjelang hitungan mundur [ga usah dijelasin lebih detail yak]
- yang paling baru, gw baca novel 'the bourne identity' selama satu tahun dari sore tanggal 31 Desember sampai jam 1/2 3 dini hari tanggal 2 Januari, lumayan seru.

Bocoran 'to do list' gw buat tahun2 berikutnya: ngupil setahun, ngegendong kucing setahun, nyapu setahun, ngepel setahun, nyuci motor setahun, beres-beres rumah setahun [bakat ke-TKI-an gw udah keliatan kayanya].

Tadinya gw kirain bakalan melewati pergantian tahun di rumah sakit tempat kakek gw dirawat, udah sempet 'ngeronda' satu malam sambil namatin novel psikologi dengan tema 'anak bermasalah'. Alhamdulillah, tanggal 31 Des pagi hari, setelah dirawat 10 hari, kakek gw diperbolehkan pulang oleh dokter [arigato gozaimas, xie xie, tararenkyu, dokter] untuk melanjutkan istirahat di rumah. Jadi deh melewatkan pergantian tahun dengan baca novel epik yang udah gw sebutin sebelumnya. Udah ada filmnya si, tapi seruan bacanya, next target: 'the bourne ultimatum' [cek dompet dulu].

Muhasabah
Kalo mau ngadain kegiatan yang paling tepat di penghujung tahun, gw setuju banget dengan kegiatan muhasabah [kontemplasi, evaluasi diri]. Entah itu beramai-ramai, atopun sendirian aja. Evaluasi diri apa aja yang udah dilakukan setahun, apa yang kurang, apa yang harus diperbaiki tahun berikutnya [pait banget nulis ini, karena gw harus nambel sana-sini buat tahun 2008 ini, begitu banyak kekurangan....]. Bukan hura-hura sambil ngerusak gendang telinga dan yang satu spesies dengan itu [full offense with peace].

Ada penggalan hadits yang bunyinya gini, "man kaana yaumuhu khoiron min amsihi, fahuwa roobih", barang siapa yang harinya lebih baik dari kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Selama kita terus berusaha memperbaiki diri, Insya Allah, kita termasuk orang-orang yang beruntung, amin.

Gw harap, tahun ini, hari ini, merupakan tahap perbaikan diri buat gw, untuk bisa lebih baik dari hari kemarin. Juga bisa menjadi awal dari titik balik hidup gw supaya lebih teratur, fokus pada tujuan, kira-kira gitu kesimpulan muhasabah gw.

Jadi, mohon dukungannya, ketik REG CHAYO kirim ke 0813 - INMYHEAD untuk nyemangatin gw dalam mengarungi gelombang kehidupan yang tak tentu arah ini [haiah], dengan sms itu anda turut berpartisipasi menyenangkan operator telepon selular anda masing-masing. [gw ga tanggungjawab kalo tiba-tiba hp pada meleduk habis ngirim sms itu].

1 komentar:

aku mengatakan...

pergantian tahun?
menurutq seperti berganti hari biasa (sama to rasanya?)
cuma tanggal di kalender taun kemaren buat hari ini gda ..gitu to?
tp pergantian tahun tuh mang berpengaruh..salah satunya thd umur kita,,
iyak tepat..di tahun ini umur kita kan bertambah so kesempatan hidup di dunia kita berkurang,,

yang pasti tiap berganti hari kita dianjurkan tuk selalu bermuhasabah spt kta Luqman
agar kita bisa lebih baik saat esok harinya
mg qta sma2 lebih baik di tahun ini
amin